Tips

Buat Para Pecinta Kamera, Ayo Simak Tips Mencari Angle Fotografi untuk Pemula

Pernah terfikirkan kenapa hampir semua orang, terutama yang sangat menyukai fotografi, selalu menggerakkan kakinya terlebih dahulu daripada tangannya? Hal ini dikarenakan mereka sedang berusaha mendapatkan angle terbaik supaya hasil jepretannya bisa lebih maksimal.

Angle inilah yang selalu dipertimbangkan bahkan oleh para fotografer profesional sekalipun, karena dengan angle atau sudut pengambilan foto yang tepat, objek yang tampak sederhana atau sepele bisa diabadikan dengan visual yang lebih cantik.

tips mencari angel

Menentukan angle memang tidak mudah, apalagi bagi orang yang masih dalam tahap belajar. Pun demikian, ini tidak berarti kita tidak bisa menentukannya. Dan dalam rangka menentukan angle tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips mencari angle fotografi untuk pemula yang ada di bawah ini, antara lain:

  • Tentukan Apa yang Ingin Anda Sampaikan

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah, angle yang bagus itu bisa menyampaikan sesuatu yang ingin Anda sampaikan dengan baik. Jadi, sebelum Anda menentukan angle, Anda harus tahu terlebih dahulu tentang apa yang ingin Anda sampaikan ini.

tentukan apa yg ingin di sampaikan

Anda tahu bahwa ada 5 angle dasar dalam pengambilan foto, yaitu frog eyes, bird eyes view, eye level, low angle dan high angle. Cobalah untuk memanfaatkan kelima angle dasar tersebut untuk memvisualisasikan apa yang ingin Anda sampaikan dalam bentuk foto.

Jangan ragu untuk mengelilingi objek terlebih dahulu supaya Anda bisa memperoleh gambaran singkat tentang objek tersebut. Kemudian, tentukan apa saja yang ingin Anda masukkan ke dalam foto, lalu cobalah untuk membidik objek bersama dengan ‘hal-hal lain’ yang ingin Anda masukkan tadi dengan beberapa angle terbaik.

Melakukan pengambilan foto dengan beberapa angle akan memberikan Anda beberapa hasil sekaligus. Dengan begini, Anda jadi bisa memiliki beberapa pilihan untuk menentukan yang manakah yang terbaik diantara hasil tersebut.

  • Angle Terbaik Biasanya Berada di Posisi yang Aneh

angel terbaik

Meskipun kelima angle di atas biasa dipakai saat memotret, tetapi Anda bisa melakukan eksperimen lain supaya hasilnya bisa lebih sesuai dengan keinginan Anda. Jangan takut untuk melakukan pengambilan foto dengan posisi yang aneh, karena ada kalanya justru posisi aneh inilah yang bisa memberikan hasil menakjubkan.

Untuk itu, Anda perlu memikirkan sesuatu yang beda saat tengah mencari angle, dan Anda harus tahu, bahwa ini merupakan salah satu rahasia yang diterapkan oleh para fotografer yang sudah profesional.

  • Hubungan Objek dengan Background

Foto akan menjadi lebih kuat apabila objek yang menjadi sasaran juga teridentifikasi dengan jelas. Caranya adalah dengan membuat kontras yang lumayan tinggi antara objek yang Anda maksud dengan background yang ada di belakangnya.

Masalah kontras ini akan lebih mudah diterapkan pada foto yang berwarna dibandingkan dengan foto yang hitam putih. Kenapa? Karena jumlah warna pada foto yang berwarna lebih banyak sehingga memungkinkan obyek terpisah dari backgroundnya.

hubungan objek dengan background

Sementara untuk foto hitam putih, memang Anda bisa membuat kontras, tetapi besar kemungkinan Anda akan memperoleh obyek yang warnanya abu-abu dan background yang warnanya abu-abu juga.

Dari berbagai tips mencari angle fotografi untuk pemula yang telah disebutkan sebelumnya, bisa diartikan bahwasanya angle terbaik untuk mengambil foto itu sebenarnya tidak ada karena setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing.

Jadi, kalau Anda memiliki pendapat bahwasanya angle seperti ‘ini’ yang terbaik misalnya, silahkan Anda coba lalu lihatlah hasilnya. Jika kemudian Anda masih belum puas, Anda bisa mencoba dengan angle-angle yang lainnya. Yang pasti, teruslah berlatih supaya ‘kepekaan’ Anda akan angle ini bisa meningkat. Semoga bermanfaat.

Spread the love

Ernestine

You might also like